script> var linkMagzSetting = { menuSticky : true, relatedPosts : true, jumlahRelatedPosts: 4, relatedPostsThumb: true, infiniteScrollNav : true, tombolDarkmode : true, scrollToTop : true, fullwidthImage : true, bacaJuga : true, jumlahBacaJuga : 3, judulBacaJuga : "Baca Juga", showHideTOC : true, judulTOC : "Daftar Isi", tombolPesanWA : true, judulPesanWA : "Pesan via WhatsApp", nomorWA : 6285729848098, teksPesanWA : "Halo admin. Saya mau pesan", };

Jangan panik! Transfer Saldo DANA ke Bank Pending? Ini solusinya!

Solusi mengatasi transfer saldo dana ke bank pending

Seperti yang kita tahu bahwa, DANA adalah dompet digital Indonesia, sederhananya pengganti dompet asli kita hehe. Saldo DANA bisa di gunakan untuk pembayaran transaksi apa saja, seperti isi pulsa, paket data, token listrik dan lain-lain, bahkan transfer antar Bank. Wah canggih ya!

Tapi se-canggih apapun aplikasi tetap saja pernah mengalami problem atau error sistem. Bicara mengenai transfer saldo Dana ke rekening Bank. Saya pribadi pernah sekali mengalami masalah.

Saya aga kaget, karena biasanya DANA tidak pernah ada masalah seperti ini. Aga khawatir ya, jadi ketika saya transfer saldo DANA ke bank pending, tertera pembayaran sedang di proses dan tertulis menunggu.

Kamu juga mengalami masalah yang sama seperti saya? Jangan khawatir, tarik nafas mohon tenang. Karena uang kamu masih aman ko.

Cara Mengatasi Transfer DANA Belum Berhasil

Baiklah, langsung saja biar kamu gak makin khawatir, yuk simak solusinya!

1. Silahkan hubungi customer care DANA, bisa melalui via telepon 1500 445 (pulsa berbayar). Atau chat via WhatsApp +62 819-1150-0445. Saya sarankan kalau ada WA ,melalui WA saja. Karena tanpa mengeluarkan pulsa hanya koneksi internet/paket data seluler.

2. Kalau kamu menghubungi melalui WA. Mulai chat seperti biasa. Kalau saya sendiri diawali dengan kalimat, "kak saya mau lapor kendala", atau "kak saya mau bertanya" dsb. Terserah kamu aja ya guys, asal tetap tenang dan sopan walaupun lagi panik hehe.

3. Kemudian pesan otomatis akan muncul. Seperti gambar dibawah ini! Pilihlah kategori kendala kamu. Tulis nomor empat/4 (kirim/tarik saldo belum berhasil)

Solusi mengatasi transfer saldo dana ke bank pending

4. Setelah itu kamu akan di hubungkan dengan agen DANA care. Mohon Tunggu sebentar, agen yang akan balas chat kamu. Biasanya menunggu hanya 1 menit, tapi kalau lagi dalam antrian bisa sampai 10 menit, tunggu saja ya.

5. Selanjutnya jika sudah terhubung dengan agen DANA, agen akan perkenalkan dirinya dan bertanya apakah nomor WA kamu adalah yang terdaftar di akun DANA. Jika iya, jawab saja iya, jika tidak silahkan langsung beri tahu nomor yang terdaftar di akun DANA kamu.

6. Kemudian sesuai dengan kategori kendala yang kamu pilih tadi, agen akan membalas syarat-syarat atau bukti data yang harus kamu siapkan. Lihat gambar di bawah ini

Solusi mengatasi transfer saldo dana ke bank pending

Lebih jelasnya:

  • Nama yang terdaftar sesuai pada KTP
  • Tempat & tanggal lahir 
  • Nomor rekening bank transfer
  • Atas nama rekening transfer
  • Bank penerbit transfer
  • Alamat email aktif
  • Bukti mutasi rekening penerima

Saya jelaskan agar kamu tidak bingung lagi untuk menyiapkan bukti-buktinya:

  • Tulis nama akun DANA kamu sesuai dengan KTP yang terdaftar. Misalnya jika kamu menggunakan akun DANA saudara kamu misalnya. Ya berarti Nama KTP pemilik akun DANA saudara kamu.
  • Kemudian tempat dan tanggal lahir sesuai KTP. 
  • Tulis nomor rekening Bank tujuan kamu. Misal yang kamu transfer tadi ke bank BRI. Tulislah nomor rekening BRI nya.
  • Kemudian atas nama siapa nomor rekening tujuan tersebut.
  • Untuk Bank penerbit, tulislah Bank tujuan apa? Kalau tadi misalnya bank BRI. Tulis saja Bank BRI. 
  • Tulis juga email aktif kamu. Disini alamat email nya tidak hanya aktif tapi kamu juga bisa mengakses nya.
  • Nah, untuk bukti mutasi ini. Minta tolong lah dengan pemilik rekening tujuan untuk mengecek mutasi terakhir rekeningnya. Bisa melalui ATM, mobile banking, dll. Jangan lupa, foto kan struk mutasi nya atau tangkap layar ponsel.

7. Setelah semua bukti sudah komplit, silahkan kirim data-data tersebut masih melalui chat Whatsapp. 

8. Akhiri saja chat jika masalah sudah selesai, atau bertanya saja jika ada pertanyaan lainnya. Agen akan proses dalam waktu maximal 5 hari kerja atau bisa lebih.

Sesuai pengalaman saya, saldo berhasil di transfer ke rekening tujuan setelah 3 hari kerja. Nanti notifikasi menunggu akan berubah menjadi berhasil. 

Oh ya, pertama saya chat ada contoh capture di atas, kalau saya minta waktu buat siapkan data-data nya. Jadi, chat saya akhiri dulu. Setelah dapat semua data dan buktinya, baru saya mulai chat lagi. 

Untuk mulai chat sama seperti yang pertama ya guys, nanti biasanya terhubung dengan agen yang berbeda. Itu gak masalah, kamu ceritakan saja kalau tadi kamu sudah chat dengan agen yang lain. Nanti agen akan minta bukti dan data screen shoot nya. 

Kamu bisa liat video nya disini ada pertanyaan bisa langsung di kolom komentar channel saya. Jangan lupa subscribe ya hehe


Penutup/pertanyaan

1. Kalau rekening tujuan adalah rekening online shop bagaimana solusi untuk bukti mutasi rekeningnya?

Seperti yang di jelaskan oleh agen DANA bahwa data-data harus sesuaikan. Maka tak ada pengecualian termasuk rekening online shop. 
"Mana bisa kita minta mutasi sama mereka?"
Kalau menurut saya, ini menurut saya lho ya 😄 jika online shop nya personal, maksudnya kamu bisa menghubungi langsung pemilik rekening tersebut. Maka coba ceritakan apa yang terjadi dan cobalah minta bukti mutasi rekening bisa foto tangkap layar ponselnya. Karena, setahu saya kalau online shop punya mobile banking, jadi dia bisa cek mutasi melalui aplikasi ponselnya. 

Untuk kedepannya, lebih baik transfer online shop langsung dari rekening pribadi saja gan, lewat ATM, Mbanking atau internet banking.
Karena jika melalui pihak ke 3 seperti ini jika terjadi masalah maka akan lebih repot Hihihi. 

2. Apakah benar itu agen DANA care bisa di hubungi melalui Whatsapp?

Benar guys, untuk lebih meyakini, kamu bisa menemukan nomor customer care di pusat bantuan di aplikasi DANA.

3. Apakah bisa batalkan saja transaksi transfer yang belum berhasil tadi? 

Sayang sekali tidak bisa. Sudah melalui proses otomatis sistem. Jadi jika ada masalah seperti ini. Coba batalkan dengan hubungi DANA care tersebut. Tanyakan saja, apakah bisa transaksi transfer di batalkan saja kemudian saldo di refund ke akun kamu. 
Soalnya waktu itu saya tidak sempat tanya seperti itu jadi tidak tahu hehe. 

Ok, sampai disini dulu artikelnya ya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang lagi panik. 



Tidak ada komentar untuk "Jangan panik! Transfer Saldo DANA ke Bank Pending? Ini solusinya!"